Tempat Wisata di Aceh. Part 3

4:35 PM 0 Comments

Sekarang mari kita melihat panorama indah dari kabupaten-kabupaten di pantai barat Aceh.


Kabupaten Aceh Jaya


1. Pantai Kuala Doe



Pantai Kuala Doe di Desa Kuala Doe, Kecamatan Setia Bakti, jarak tempuh sekitar 16 km dari Kota Calang merupakan salah satu wisata pantai yang menarik, yang mana lokasi wisata ini juga merupakan objek wisata favorit masyarakat daerah kabupaten Aceh Jaya.

Lokasi wisata yang potensial dikembangkan di Kabupaten Aceh Jaya adalah Pantai Kuala Doe atau disebut juga dengan sebutan Camp Eropa.

Pantai Kuala Doe teletak di Desa Kuala Doe Kecamatan Setia Bakti. objek wisata alam ini kerap dikunjungi khussnya pada saat hari libur, di lokasi wisata ini juga tersedia fasilitas seperti pondok wisata, restoran dan lain lain.


2. Pantai Lhok Geuleumpang


Pantai Lhok Geleumpang merupakan salah satu objek wisata pantai yang menarik di desa Kuala Jubet. pantai Geleumpang juga merupakan pantai pasir putih yang memiliki pemandangan alam yang sejuk dan asri, dari tepi pantai kita bisa melihat pulau pulau kecil yang begitu indah.

Objek wisata pantai Geleumpang juga dilengkapi dengan fasilitas seperti Pondok Wisata, Panggung Kesenian Rakyat, serta rumah makan. sehingga sangat ramai wisatawan yang berwisata ke pantai Lhok Geleumpang ini, akan tetapi para wisatawan lebih ramai berkunjung pada saat hari libur.  

Pantai ini berlokasi di Desa Kuala Jubet, Kecamatan Kuala Bakti, dengan jarak tempuh sekitar 18 km dari Kota Calang.


3. Pulau Tsunami (Tsunami Island) 


Pulau Tsunami merupakan objek wisata baru, disebut pulau Tsunami karena pulau ini terbentuk saat terjadinya bencana alam Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 yang lalu, di kabupaten Aceh Jaya.

Sebelumnya pulau ini merupakan bagian dari Pulau Keuleuang yang terdapat di desa Keuleuang Kecamatan Jaya. objek wisata Pulau Tsunami ini sangat menyenangkan untuk bersantai, memancing dan snorkling.  


4. Pemandangan Alam Geurutee


Pemandangan Alam Geurutee merupkan pemandangan alam yang memiliki lereng gunung, dari ketinggian lereng gunugn ini kita bisa melihat seluruh keindahan pemandangan alam Geurutee.

Pemandangan alam yang dapat dilihat lereng gunung ini seperti, Pulau Karang dari kejauhan, serta menikmati matahari tenggelam (sunset) diwaktu senja. Pemandangan Alam Geurutee berjarak tempuh sekitar 40 km dari kota Banda Aceh.


5. Panorama Aceh Jaya dari Udara


panorama ini dapat diliihat melalu jalan darat dari Banda Aceh sekitar 120 KM menuju Meulaboh (Aceh Barat)



Kabupaten Aceh Barat



1. Pantai Batee Puteh


Pantai Batee Puteh merupakan pantai landai brepasir putih yang sangat indah. Objek wisata pantai ini sangat menarik, dan mampu memberi kesan yang eksotik kepada para pengunjungnya, selain pantainya yang indah, panorama alamnya juga sangat menakjubkan. Pantai ini beralamatkan di Jalan Syiah Kuala, sekitar 3 km dari Kota Meulaboh.


2. Pantai Kasih




Pantai Kasih merupakan salah satu objek wisata pantai yang menarik di desa Pasar Aceh, kabupaten Aceh Barat.

Pantai Kasih lebih ramai dikunjungi pada saat hari libur, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, karena panorama alamnya yang sangat indah, dan sangat menyenangkan untuk wistawan yang hobi memancing.




3. Pantai Lanaga 





Pantai Lanaga yang berada di Desa Peunaga, jarak tempuh sekitar 5 km dari Kota Meulaboh merupakan objek wisata pantai yang indah dan menarik di Kabupaten Aceh Barat. Objek wisata ini lebih ramai dikunjungi hanya pada saat acara perlombaan perahu. Di kawasan wisata ini tersedia sarana olah raga air seperti Jet sky dan juga event perlombaan perahu yg sering diselenggarakan disini.





4. Pantai Lhok Bubon




Pantai Lhok Bubon merupakan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, disebut Pantai Lhok Bubon karena pantai ini tereltak di desa Bubon, sekitar 8 km dari Kota Meulaboh. Berada di pantai ini sangat menyenangkan dan menarik sekali, karena di pantai ini juga dapat dilakukan aktivitas laut seperti, berenang, dan berselancar.

Pantai Lhok Bubon juga terkenal dengan penghasil makanan laut, berabagai jenis ikan bisa kita temukan di pantai ini.


5. Pantai Suak Ribe




Objek Wisata Pantai Suak Ribee merupakan salah satu tempat rekreasi yang terdapat dipesisir kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Pantai Suak Ribee banyak di kunjungi oleh berbagai unsur masyarakat baik orang dewasa, remaja maupun anak-anak. Pantai suak ribee biasanya ramai pada sore hari maupun pada hari –hari libur. Sebelum bencana tsunami Pantai suak ribee adalah tempat rekreasi yang sangat indah dan menarik.Disepanjang jalan di pinggiran pantai berbaris pohon kelapa dan pohon cemara.disana juga banyak terdapat tempat-tempat untuk peristerahatan seperti café-café yang berjejer di sepanjang jalan. Pemandangan di sore hari sangatlah indah selain menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi kita juga dapat melihat pemandangan matahari tenggelam pada matahari senja. 


6. Danau Geunang Geudong


Tempat wisata ini dijadikan pusat jajanan dan tempat berolah raga dan juga akan di kembangkan sebagai taman wisata budaya. Dengan luas hampir 25 Ha, di sini tersedia juga sarana untuk tempat beristirahat bagi pengunjung serta tempat untuk beribadah.Berlokasi di Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat. Jarak tempuh sekitar 25 km dari pusat Kota Meulaboh.


7. Makam Pahlawan Teuku Umar


Teuku Umar Johan pahlawan gugur di Daerah Suak Ujong Kalak dan dimakamkan di desa Meugo Rayeuk, sekitar 35 km dari Kota Meulaboh yang merupakan kawasan hutan lindung. Teuku Umar meupakan pahlawan nasional. Makam Teuku Umar ini ramai dikunjungi oleh wisata dan wisatawan asing sebagai tempat bersejarah. Di dalam lokasi makam Teuku Umar ini terdapat pohon besar yang mengeluarkan air tiada hentinya. Air itu bisa diminum oleh siapapun. Daerahnya sangat aman, nyaman dan sejuk dg udara yang segar dan masih sangat alami.


8. Masjid Agung Meulaboh


Masjid Agung ini merupakan Masjid kebanggaan dari Kabupaten Aceh Barat. Arsitektur bangunan yang sangat indah dengan kubahnya yang berwarna dominan terang menjadikan Masjid ini sangat indah dipandang mata.Berada di dipusat kota Meulaboh Jl.Imam Bonjol, Kota Meulaboh.










 

Jasri Irawan

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: